Pengaruh Kepesertaan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan pada Pasien Persalinan di RSUD BIMA

Authors

  • Nurhidayah Author
  • Nurhikmah Tillah Author
  • Hadi Suryatno Author
  • Sri Murniati Author

DOI:

https://doi.org/10.47506/dkvvvd10

Abstract

Pendahuluan : Rumah Sakit merupakan salah satu mitra dan fasilitas kesehatan rujukan untuk pasien peserta BPJS Kesehatan. Rumah Sakit harus memberikan mutu layanan (Service Quality) yang terbaik demi memenuhi harapan dan kebutuhan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh kepesertaan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan terhadap kualitas pelayanan pada pasien persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah Bima. Metode : Metode penelitian yang digunakan Correlational Studies dan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling purpose sampling dengan pasien persalinan PBI sebanyak 51 orang 
dan Non-PBI sebanyak 51 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan uji korelasi rank spearman dan uji Independen sampel t-test. Hasil : Kepesertaan BPJS 
Kesehatan PBI kategori baik 46 responden (90,2%),cukup 5 responden (9.8%)dan kurang 0 responden (0%). Kepesertaan BPJS Kesehatan Non PBI kategori baik 48 responden (94,1%),cukup 3 responden (5,9%) dan kurang 0 responden (0%). Kualitas pelayanan pada pasien persalinan peserta BPJS Kesehatan kategori baik 99 responden (97,1%),cukup 3 responden (2,9%) dan kurang 0 responden (0%). Ada pengaruh kepesertaan BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan pada pasien persalinan dengan nilai p value 0,000 ≤ 0,05. Saran : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan perlu lebih aktif dan menyeluruh dalam memberikan sosialisasi tentang program BPJS Kesehatan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat 
mengetahui secara jelas tentang program-program BPJS Kesehatan. 

Downloads

Published

2023-12-11